Minggu, 16 Agustus 2020

Alur Pembelian Yang Rapi Pada Aktivitas Bisnis Di Oriflame Untuk Member

Aktivitas suatu bisnis tidak jauh dari transaksi jual-beli barang, baik yang dijual atau dibeli. Nah, sebagai pemilik bisnis, bukan hanya transaksi penjualan saja yang penting dan perlu diperhatikan, Anda sebagai pemilik juga harus memerhatikan transaksi pembelian. 

Apa itu transaksi pembelian?

Transaksi pembelian merupakan kegiatan untuk mendapatkan produk dengan cara memberikan balas jasa berupa sejumlah uang bernilai sama dengan produk yang diperolehnya. Di mana, produk yang dibeli merupakan kebutuhan konsumen. Ketika konsumen membeli produk, biasanya mereka akan mengonsumsi dan menggunakannya sendiri. Sedangkan, jika member yang membeli, biasanya ia akan menjualnya kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan. Namun, ada juga member yang membeli untuk digunakan sendiri. 

Apa saja yang memengaruhi transaksi pembelian?

Setidaknya terdapat beberapa hal yang memengaruhi transaksi pembelian yaitu ongkos kirim, dan potongan harga. 

Ongkos kirim

Mulai bulan Juli, Oriflame menyediakan pilihan kurir khusus untuk semua membernya. 

Manfaat fitur pilihan kurir:

Bisa pilih kurir favorit sesuai kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi sendiri dalam berbelanja. Fitur ini dapat membantu Anda menentukan layanan logistik yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Makin mudah lacak pengiriman

Dengan menentukan sendiri kurir pilihan Anda, cukup masuk ke website kurir pilihan, dan input nomor resi yang tersedia pada website/apps Oriflame untuk melacak pengiriman order Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih metode pengiriman pesanan Anda:


1. Pilih metode pengiriman “Antar ke rumah”


2. Pilih alamat yang ingin dijadikan alamat pengiriman

3. Pastikan alamat yang tertera sudah benar dan terisi lengkap


4. Pilih kurir yang tersedia sesuai kebutuhan

5. Klik “lanjutkan” untuk memilih metode pembayaran

Selain itu Anda juga dapat melacak pengiriman dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:


1. Masuk ke Menu Riwayat Order


2. Pilih Order yang ingin Anda lacak


3. Anda dapat melihat status pengiriman serta nomor resi yang dapat digunakan untuk melacak order


4. Cukup klik atau masukkan nomor resi tersebut di website kurir pilihan


5. Anda dapat melacak status terkini/ lokasi Order Anda

Anda dapat melakukan pengecekan biaya operasional pada proses “Check Out”. Biaya operasional dihitung berdasarkan jarak pengiriman dari gudang Oriflame serta kurir yang Anda pilih.

Anda hanya bisa mengganti kurir pengiriman ketika masih berada di dalam halaman checkout. Tapi jika sudah menyelesaikan dan membayar pesanan maka Anda tidak dapat mengganti pilihan kurir lagi.

Informasi mengenai minimum pembelanjaan untuk beberapa metode pengiriman dapat dilihat di bawah ini.

Biaya tambahan produk khusus sebesar Rp. 27.500 adalah biaya yang dikenakan untuk pengiriman produk hadiah sebagaimana diinfokan pada flyer program dan promosi. Saat ini biaya ini akan tergabung pada tampilan proses check out Anda, namun detailnya dapat terlihat lebih lengkap pada invoice yang tercetak. 

Pembelanjaan di atas minimum untuk wilayah Papua dan Maluku masih dikenakan biaya operasional.

Untuk saat ini biaya operasional itu masih dikenakan untuk pembelanjaan di atas minimum dikarenakan tingginya biaya operasional untuk menjangkau wilayah Papua dan Maluku. Oriflame terus berupaya berinovasi untuk mencari strategi agar bisa menurunkan biaya operasional namun tetap memberikan pelayanan dengan standard terbaik sambil terus memberikan subsidi biaya untuk membantu para member mengembangkan bisnisnya.

Potongan Harga

Jadilah member dengan melakukan pendaftaran dan dapatkan langsung diskon 23% dari harga katalog serta beragam hadiah pada pembelian selanjutnya. Gratis biaya pengiriman untuk order pertama Anda yang bernilai Rp300.000,- (harga member) atau lebih.


Alur Transaksi Pembelian

Agar lebih jelasnya, di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa proses yang terjadi dalam transaksi pembelian di bisnis Oriflame 

Alur pertama dalam proses pembelian, dimulai dari penjualan. Di mana penjualan ini dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu;

Intuitif; cara ini dilakukan dengan memprediksi barang apa saja yang dibutuhkan pelanggan.

Penelitian Pasar; dilakukan dengan meneliti permintaan konsumen yang paling banyak atau dengan cara langsung terjun ke masyarakat umum.

Perhitungan Stok Barang; masukkan kode produk ke website atau aplikasi Oriflame untuk melihat ketersediaan barang.

Tahap selanjutnya adalah mengirimkan penawaran produk kepada konsumen yang dianggap memiliki nilai yang baik dan terpilih. Anda bisa mengirimkan katalog (tersedia juga dalam bentuk katalog digital) untuk memberikan penawaran yang lebih detail. Mengapa ini diperlukan? 

Tahap ini diperlukan untuk membandingkan produk mana yang lebih menguntungkan yang dibutuhkan konsumen. Untung di sini bukanlah hanya produk dengan harga terbaik dan murah, namun juga bisa membantu memberikan solusi pada permasalahan kecantikan dan kesehatan konsumen. Misalnya saja, produk A memiliki harga Rp50.000, sedangkan B memiliki harga Rp45.000. Namun, produk A juga memberikan perlindungan lebih terhadap paparan sinar matahari untuk semua jenis kulit, sedangkan produk B hanya ditujukan untuk jenis kulit tertentu.

Tahap selanjutnya adalah membantu konsumen menemukan produk yang tepat untuk kebutuhannya. Nah, jika dari contoh di atas, produk mana yang akan Anda pilih, untuk konsumen yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan?  Tentu produk yang tepat adalah produk A, kenapa? Dengan produk yang memiliki perlindungan lebih terhadap sinar matahari, maka konsumen tidak perlu kuatir terhadap pengaruh paparan sinar matahari terhadapat kesehatan kulitmya.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat daftar produk yang akan dibeli. Dengan menuliskan daftar produk yang dibeli, Anda jadi lebih mudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen. 

Setelah membuat daftar produk yang ingin dibeli, dan konsumen sudah melakukan pembayaran, Anda bisa melakukan pemesanan dengan memasukkan kode produk pada website atau aplikasi Oriflame.

Setelah semuanya selesai, Anda tinggal membayar pesanan sesuai jumlah yang tertera pada website atau aplikasi Oriflame. Oriflame menyediakan beberapa cara bayar untuk mempermudah Anda melakukan transaksi. Kemudian Anda hanya perlu menunggu pemesanan produk diterima. Setelah order diproses sesuai dengan pesanan yang diajukan, tahap selanjutnya Oriflame menerbitkan invoice.

Setelah barang diterima, Anda harus melakukan pemeriksaan. Apa saja yang harus diperhatikan? Mulai dari kuantitasnya, apakah sudah sesuai dengan pesanan, dan juga kualitasnya, jangan sampai Anda tidak memerhatikan kecacatan atas produk yang Anda terima. Setelah produk diterima dan dipastikan semuanya cocok dan dengan kualitas baik, maka keseluruhan proses sudah selesai dan saatnya Anda mendistribusikannya kepada konsumen Anda 😊

Yuk segera gabung member Oriflame. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar